Selasa, 23 November 2010

bahaya penggunaan narkotika

Narkoba adalah sejenis obat-obatan yang mengandung zat adiktif yang dapat menyebabkan sesorang kecanduan dengan narkoba itu sendiri. Banyak orang yang menggunkan narkoba dengan tujuan untuk menghilangkan rasa stres yang dirasakan oleh pecandu, padahal narkoba bisa merusak organ tubuh yang ada dan narkoba sendiri bukan merupakan obat yang baik untuk menghilangkan stres. Banyak pecandu narkoba yang tidak dapat melepaskan kebiasaannya mengkonsumsi narkoba karena efek adiktifnya. Para remaja yang baru beranjak dewasa sangat rentan terhadap godaan barang haram ini, dan biasanya para siswa laki-laki yang menjadi incaran para pelaku. Mereka biasanya menjual dengan modus dicampurkan kedalam suatu makanan yang diberikan kepada korbannya, lama-kelamaan korban menjadi kecanduan dan akhirnya membeli narkotika itu.Biasanya pelaku menjerat korban dengan menjual barang haram itu dengan harga yang tinggi, agar mendapatkan keuntungan.
Dampak dari penggunaan bahan narkotika ini adalah :
Depresan, yaitu tidak sadarkan diri
halusinogen, yaitu berhalusinasi, melihat yang tidak sebenarnya
stimulan, yaitu mempercepat keja organ tubuh seperti jantung dan otak sehingga pemakai merasa lebih bertenaga sementara waktu. Karena organ tubuh terus dipaksa bekerja di luar batas normal, lama kelamaan syarafnya akan riusak dan bisa mengakibatkan kematian.
adiktif, yaitu rasa ingin terus menerus mengkonsumsi narkoba.
efek lain dari penggunaan narkotika adalah :
kerja lambat, sering gelisah, sulit berkonsentrasi, sering menyakiti dirinya sendiri, bertingkah brutal dan bahaya lain dalam hal kesehatan yang dapat menyebabkan kematian, misalnya hiv aids .
untuk itu kita harus menjaga teman-teman dan saudara kita agar terhindar dari barang haram tersebut dengan cara, mendekatkan diri kepada Tuhan yang maha esa, memberikan penyuluhan tentang bahaya narkotika, dan selalu berfikir positif terhadap suatu masalah agar kita tidak sres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar