Minggu, 21 November 2010

Nasib TKI yang bekerja di luar negeri

Akhir-akhir ini banyak berita yang memuat kekerasan terhadap tenaga kerja indonesia yang bekerja diluar negeri yang disiksa oleh majikannya. Mereka kebanyakan adalah para tenaga kerja perempuan yang rata-rata menjadi korbannya. Tidak hanya di malaysia saja bahkan di arab banyak juga korban kekerasan terhadap tenaga kerja indonesia ini. Para pelaku atau majikannya ini jika sedang kesal terhadap hal-hal yang menimpanya, mereka akan melampiaskan kekesalannya pada pembantunya atau korbannya. Banyak perlakuan yang tidak wajar diterman oleh tenaga kerja indonesia ini dari majikannya. Tidak jarang korban mengalami luka yang parah akibat penganiayaan yang mereka terima. Selain mendapat perlakuan yang kasar, korban juga mungkin tidak mendapat upah yang seharusnya mereka terima, bahkan ada juga yang mendaptkan pelecehan seksual dari majikannya.
untuk itu, seharusnya para pelaku ditindak sesuai hukum yang berlaku di negara masing-masing . Pemerintah juga wajib melindungi warga negaranya yang diperlakukan semena-mena oleh para pelaku dan mendesak pemerintahan yang bersangkutan untuk mengusut dan mengadili orang yang melakukan tindak kejahatan terhadap tenaga kerja asal indonesia.
para pekerja yang mau bekerja di luar negeri sendiri harus mengurus surat-surat yang resmi dari petugas yang bersangkutan untuk mengurus semua kepentingan untuk bekerja, dan juga pekerja yang mau bekerja di luar negeri harus melalui lembaga-lembaga yang resmi agar tidak dirugikan kelak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar